Senin, Juli 22, 2024
BerandaRegionalKabupaten TangerangTuntut UMK Naik 12%, Ribuan Buruh Geruduk Gedung Bupati Tangerang 

Tuntut UMK Naik 12%, Ribuan Buruh Geruduk Gedung Bupati Tangerang 

Kabupaten Tangerang, Temabanten.com – Tuntut Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) naik hingga 12%, ribuan massa dari berbagai serikat buruh melakukan aksi demonstrasi tepat didepan Gedung Bupati Tangerang, Banten, Senin (27/11/2023).

Sebelum berkumpul di kawasan Puspemkab Tangerang, massa aksi sempat berkeliling di beberapa titik untuk membagikan selembaran terkait unjuk rasa besar-besaran pada Rabu (29/11/2023) mendatang.

Kemudian, massa bergerak menuju ke kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tangerang untuk mengawal sidang plenonya Dewan Pengupahan Kabupaten (DPKab).

Koordinator aksi Buruh, Jayadi mengatakan, hasil sidang pleno ada usulan 3 angka, yaitu dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), 0,55%, Serikat Buruh 12% dan terakhir unsur Pemerintah 1,64%.

“Ini miris sekali, kalau dari unsur pemerintah dalam hal ini Disnaker itu keluar angka segitu,(1,64%) otomatis yang akan diajukan kepada Penjabat Bupati gak jauh dari itu,” katanya.

Dia berharap Pj Bupati Tangerang, Andi Ony dapat mengakomodir keinginan Buruh, yaitu mengajukan atau merekomendasikan angka 12% untuk kenaikan Upah.

“Kalau pun tidak bisa ya minimal mendekati angka itu,” ucapnya.

Jayadi menjelaskan, tuntutan angka 12% itu berdasarkan hasil survei harga bahan pokok ke sejumlah Pasar Tradisional di Kabupaten Tangerang terkait dengan standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

“Kami itu sebenarnya mendapat angka 15,33% artinya kalau dinominalkan Rp. 690.000 tetapi kami tidak serta-merta egois,” jelasnya.

Jayadi mengancam jika tuntutan para Buruh ini tidak dipenuhi, maka pihaknya akan aksi unjuk rasa besar-besaran dan awur-awuran pada Rabu mendatang. Dan yang menjadi sasarannya Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

“Kami semua perusahaan harus mematikan mesin-mesin di perusahaan, semua kawan kawan buruh harus ikut,” tandasnya. (Deri)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Berita Popular