Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaRegionalKabupaten TangerangTumpukan Sampah Citra Raya Menggunung, DLHK Akan Terjun ke Lokasi

Tumpukan Sampah Citra Raya Menggunung, DLHK Akan Terjun ke Lokasi

Kabupaten Tangerang, Temabanten.com – Tumpukan sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Citra Raya akan segera dilakukan tindakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang. Dengan banyaknya keluhan masyarakat terkait tumpukan sampah yang sudah menggunung tersebut, pihaknya akan secepatnya turun ke lokasi, Selasa (13/2/2024).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kabupaten Tangerang, SM Agustin Hari Mahardika mengatakan, pihaknya akan mengecek langsung lokasi untuk melakukan pendalaman terkait keluhan warga tersebut sekaligus mencari solusinya.

“Terkait adanya keluhan warga akan proses pengelolaan sampah di TPS3R Citra Raya kami akan melakukan pendalaman masalah, karena pengelolaan Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) merupakan dilakukan swakelola oleh Tim TPS3R Citra Raya,” katanya.

Pria yang akrab disapa Hari ini menjelaskan, walaupun di Pasal 71 hingga Pasal 83 UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup ada sanksi yang bisa diterapkan namun jika ditemukan adanya kelalaian Tim TPS3R Citra Raya dalam pengelolaan sampahnya maka pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pembinaan dan upaya perbaikan serta langkah langkah pemulihan lingkungan.

Terlebih lanjut Hari di Tahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Tangerang menelurkan Perda 1 terkait Retribusi Pengelolaan Kebersihan sehingga butuh sinergi dan kerjasama semua pihak untuk mengelola persoalan persampahan.

“Di Pasal 71 – 83 UU Lingkungan Hidup ada sanksi yang dapat diterapkan  baik dari administratif, teguran ataupun tindakan paksaan yang mengikat penyadaran lebih kita utamakan mengingat pelaku usaha kita tempat kan sebagai Mitra kerja dalam mengatasi berbagai permasalahan di lapangan. Upaya persuasif kita tempuh sebagai bagian tanggung jawab moral dan upaya peningkatan pengelolaan TPS3R,” jelas Hari.

Sebelumnya sejumlah warga Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten mengeluhkan kondisi TPS milik pengembang perumahan Citra Raya. Pasalnya TPS lokasi pembuangan limbah hasil rumah tangga dibiarkan menggunung bahkan terkesan tak terurus.

Salah seorang warga Desa Ciakar, Pindo Alam Samsara mengatakan bahwa lahan yang diperkirakan luasnya hingga hektaran itu adalah milik kawasan Citra Raya.

Dimana, katanya kondisi sampah yang menumpuk dan dibiarkan menggunung tersebut dibiarkan begitu saja kurang lebih selama 10 tahun. (Deri/Yan)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments