Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaRegionalKabupaten TangerangPj Bupati Apresiasi Bantuan SPAM NUWSP dari Balai Prasarana Pemukiman Banten

Pj Bupati Apresiasi Bantuan SPAM NUWSP dari Balai Prasarana Pemukiman Banten

Kabupaten Tangerang, Temabanten.com – Melalui Perumdam Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Tangerang mempercepat layanan air bersih perpipaan untuk mencapai target pemerintah pusat.

Percepatan tersebut salah satunya dengan segera mengoperasikan bantuan National Urban Water Supply Project (NUWSP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bantuan NUWSP yang merupakan program inisiasi penerapan dan penyempurnaan untuk peningkatan akses air minum perpipaan di kota/kabupaten tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony yang diserahkan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Banten Yoza Habibie, Kamis (21/12/2023).

“Bantuan untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Rajeg Zona -C yang berasal dari pemerintah pusat melalui NUWSP yang berupa pemasangan jaringan sepanjang 6,3 km untuk melayani empat desa di Kecamatan Rajeg yakni Desa Sukatani, Sukamanah, Rajeg Mulya, Tanjakan,” ujar Yoza.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony mengapresiasi bantuan dari NUWSP yang difasilitasi oleh Balai Prasarana Pemukiman Provinsi Banten. Andi berharap bantuan berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) bisa berkesinambungan diberikan ke Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk tahun-tahun berikutnya.

Alasannya, kata Andi, karena air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat terkait pencegahan stunting dan menurunkan tingkat kemiskinan ekstrim di Kabupaten Tangerang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berarti untuk masyarakat Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Andi menekankan, penyediaan layanan air bersih sangat berkorelasi dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama dalam mengatasi stunting.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah  upaya menurunkan stunting, kami berharap dengan tersedia layanan air bersih, keluarga yang beresiko stunting, bisa terhindar, karena adanya sanitasi yang baik,” imbuh Andi.

Sementara Direktur Utama Perumdam TKR kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar yang turut mendampingi Pj Bupati Tangerang menyatakan akan mempercepat pengoperasian bantuan tersebut dengan melaksanakan program pemasangan sambungan langganan di empat desa tersebut dan akan membuat program promo keringanan biaya sambungan.

Sofyan juga mengatakan, hadirnya layanan air bersih perpipaan di lokasi tersebut sebagai wujud komitmen Perumdam TKR dalam pemenuhan akses air bersih di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, sanitasi yang aman berkontribusi positif terhadap meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, yang secara langsung dapat meningkatkan harapan hidup.

Sofyan juga mengatakan, akses air minum dan sanitasi aman adalah salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’S).

“Sebagai BUMD penyedia layanan air minum perpipaan di Kabupaten Tangerang, kami berupaya terus melakukan percepatan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program NUWSP adalah Dukungan Bank Dunia sebagai inisiasi penerapan dan penyempurnaan akses air minum di daerah perkotaan dengan prioritas investasi bagi peningkatan akses air minum perpipaan di kota/kabupaten terpilih. (Yan)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments