Selasa, Mei 21, 2024
BerandaLifestylePekan Olahraga Buruh di Kabupaten Tangerang Kembali Digelar

Pekan Olahraga Buruh di Kabupaten Tangerang Kembali Digelar

Kabupaten Tangerang, Temabanten.com – Dalam memperingati Hari Buruh Internasional atau yang akrab didengar May Day, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dengan seluruh serikat buruh di kembali menggelar Pekan Olahraga Buruh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, pihaknya beserta para serikat buruh telah menggelar agenda ini selama enam tahun terakhir secara rutin.

“Alhamdulilah saya hari ini diperintah pak Bupati untuk membuka pekan olahraga buruh dalam rangka memperingati May Day tahun 2024,” katanya Senin (22/4/2024).

Pria yang akrab disapa Rudy ini menuturkan, tujuan dari kegiatan ini yaitu, yang pertama untuk mengisi peringatan hari buruh internasional atau may day dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat.

Kedua, lanjut Rudy, menjalin sinergitas antar stakeholder ketenagakerjaan guna menciptakan hubungan industrial yang kondusif, Harmonis, dinamis dan berkeadilan.

Ketiga, lebih lanjutnya, untuk meningkatkan kompetensi buruh di bidang olahraga sesuai dengan tema peringatan may day di tahun 2024 yaitu Kerjasama mewujudkan pekerja buruh yang kompeten dengan tagline May Day terampil day.

Keempat, sambung Rudy, untuk mempopulerkan budaya olahraga dalam rangka menjaga kesehatan dan untuk mendukung produktifitas kerja.

Rudy mengungkapkan, kegiatan POB 2024 ini diikuti oleh atlet-atlet terbaik dari 20 federasi serikat pekerja-serikat buruh, dan juga gabungan serikat pekerja tingkat perusahaan (SPTP) yang telah mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara.

“Kegiatan pekan olahraga buruh tahun 2024 ini dilaksanakan mulai Senin (22/4/2024) sampai dengan Jumat (26/4/2024),” terangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono menambahkan, kegiatan pekan olahraga ini bertempat di beberapa venue olahraga sebagai berikut; Stadion mini Kecamatan Cikupa untuk pertandingan sepakbola persahabatan, pertandingan Catur di Gor Ardes Tigaraksa dan untuk pertandingan Bola Voli di Gor PWS Tigaraksa.

“Lalu Aula Disporabudpar untuk  untuk pertandingan bulu tangkis,” ucapnya.

Lebih jauh, kata Rudi adapun dasar pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Buruh 2024 yaitu Undang-undang nomor 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja atau serikat buruh, Undang-Undang 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan daerah Kabupaten Tangerang nomor 12 tahun 2016 tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan.

Kemudian, Peraturan Bupati Tangerang No 22 Tahun 2023 tentang kedudukan, susunan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja Dina Tenaga Kerja. Terakhir, Surat Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan jaminan sosial ketenagakerjaan Kementrian Ketenagakerjaan perihal peringatan May Day tahun 2024.

“Sumber pendanaan POB ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Tangerang tahun 2024. Pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Disporabudpar, Camat Cikupa serta seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini,” tandasnya. (Deri)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Berita Popular