Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaPolitikNakara Foundation dan UNESCO Gelar Kompetisi HACKATHON Ciptakan Pemilu Bebas Hoax

Nakara Foundation dan UNESCO Gelar Kompetisi HACKATHON Ciptakan Pemilu Bebas Hoax

Bandung, Temabanten.com – Kurang dari 3 bulan tepatnya tanggal 14 Februari 2924 nanti, Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak beserta dengan segala ancamannya. Namun sayangnya dalam pegelaran pesta Demokrasi tersebut, memunculkan juga bahaya penyebaran disinformasi dan ujaran kebencian.

Jika tidak ditangani serius hal tersebut berpotensi memicu kekerasan di dunia nyata, menjadi ancaman signifikan terutama bagi pemilih muda yang jumlahnya tumbuh besar tahun depan.

Melihat hal tersebut Nakara Foundation bekerjasama dengan UNESCO yang didanai oleh Uni Eropa menyelenggarakan Kompetisi Hackathon 2023, Hacking4HoaxFreeElections.

Diharapkan dengan proyek yang digelar dalam kerangka proyek #SocialMedia4Peace tersebut bisa membekali kalangan mahasiswa dan media untuk dapat menavigasi konten online yang berbahaya secara kritis dan efektif.

“Membekali  kalangan mahasiswa dengan kemampuan untuk menavigasi konten online yang berbahaya secara kritis dan efektif  menjadi sangat krusial di masa sekarang ini, untuk itu Nakara Foundation bekerjasama dengan UNESCO menyelenggarakan Kompetisi Hackathon 2023, Hacking4HoaxFreeElection dengan didanai oleh Uni Eropa,” ujar Melanie Agustine dari Nakara Foundation, Jumat (8/12/2023).

Melanie menambahkan bahwa kompetisi Hackathon ini terbuka bagi tim yang terdiri dari 5 orang dari kategori mahasiswa dan media massa, untuk merancang solusi inovatif dan kreatif berbasis digital yang dapat digunakan secara efektif dalam mencegah tersebarnya hoax dan ujaran kebencian selama pemilu.

“Berbagai bentuk inovasi dapat dipilih oleh peserta, baik itu berupa games interaktif, aplikasi, website, atau inovasi-inovasi lain yang berbasis digital.” ujar Melanie.

Pemenang hackathon lanjut Melanie, berkesempatan memenangkan uang pengembangan sebesar total Rp200.000.000, juga kesempatan mentoring dengan narasumber-narasumber terbaik di bidangnya.

“Rancangan ide dalam bentuk proposal dan video presentasi masih ditunggu sampai dengan 8 Desember 2023, dengan mendaftarkan tim melalui https://bit.ly/Hackathon2023Reg. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi nakara.odoo.com/hackathon2023 atau mengontak panitia melalui email nakaraspaces@gmail.com,” pungkasnya. (Yan)

 

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments