Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaHukumKetua Panwascam Jayanti Tangerang Diduga Peras Caleg, Begini Kata Bawaslu

Ketua Panwascam Jayanti Tangerang Diduga Peras Caleg, Begini Kata Bawaslu

Kabupaten Tangerang, TemaBanten.com – Ada Calon Legislatif (Caleg) diduga diperas oleh salah satu oknum Ketua Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (9/1/2024).

Dugaan pemerasan tersebut diketahui khalayak ramai dari rekaman suara berdurasi 4.50 menit yang beredar, dugaan perbuatan pemerasan itu disinyalir dilakukan Ketua Panwascam Jayanti, Sarnaja terhadap Caleg Partai Demokrat.

Dalam isi percakapannya yang bersangkutan meminta uang senilai Rp.20 juta agar dugaan pelanggaran pemilu si Caleg tidak diproses sampai tingkat Bawaslu.

“Kira-kira yang pantas berapa. ya standar kelas Panwascam dan Bawaslu minta Rp. 20 juta,” katanya dalam rekaman suara.

Kemudian, dirinya mengaku pungutan serupa biasa dilakukan kepada sejumlah caleg partai lainnya di wilayah Kecamatan Jayanti, dengan alasan untuk disetorkan kepada Bawaslu.

“Saya mah apa adanya, ini hanya menyampaikan saja,” ucapnya.

Ditemui dikantornya, Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Muslik mengatakan akan menidaklanjuti dugaan kasus tersebut seusai peraturan Bawaslu No 7 Tahun 2022 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum yang telah mencatut namanya tersebut.

Lanjutnya, kata dia untuk sanksinya akan dilihat dulu, apakah dari hasil kajian nya mengarah kepada pelanggaran administrasi, kode etik ataupun pidana.

“Kita berikan sanksi sesuai dengan aturan itu,” ucapnya.

Kemudian, kata Muslik pihaknya terlebih dahulu akan memanggil pihak-pihak terkait, yakni oknum Ketua Panwascam, Caleg maupun pelapor. Nantinya, jika memang terbukti sebagai pelanggaran kode etik maupun pidana, yang bersangkutan bisa diberhentikan.

“Sangat bisa diberhentikan, kalau bukti dan fakta-fakta nya ada,” jelasnya.

Lebih jauh, Muslik menegaskan Bawaslu tidak pernah memberikan arahan ataupun menerima setoran apapun berkaitan dengan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu.

“Kami yakin teman-teman di pimpinan tidak ada bahasa setor-setoran seperti itu,” tegasnya. (Deri)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments