Selasa, Mei 21, 2024
BerandaPemerintahHadirnya PIK 2 Kurangi Angka Pengangguran

Hadirnya PIK 2 Kurangi Angka Pengangguran

Kabupaten Tangerang, Temabanten.com – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang mencatat terjadi penurunan angka pengangguran yang signifikan sejak hadirnya pembangunan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di wilayah pantai utara (Pantura) Tangerang, Selasa (23/4/2024).

PIK 2 yang proses pembangunannya sedang berlangsung itu dinilai menjadi penggerak ekonomi khususnya bagi warga pesisir utara Tangerang, sehingga berdampak kepada penurunan angka pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan bahwa PIK 2 memiliki Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang berlisensi atau berizin yang membantu warga sekitar seperti di Kecamatan Kosambi dan juga Teluknaga untuk meningkatkan keterampilan kerja.

“PIK 2 didalamnya punya LPK sendiri, memang peserta nya warga sekitar,” katanya saat diwawancarai oleh Temabanten.com.

Rudi menjelaskan, nantinya yang sudah ikut pelatihan, kalau yang untuk sifatnya formal langsung otomatis akan di sebar ke hotel maupun apartemen-apartemen. Sedangkan, kata dia untuk non formal itu posisinya sebagai pekerja kontruksi bangunan.

“Untuk sementara seperti itu, karena kan masih ini ya masih belum seluruhnya selesai,” ucapnya.

Rudi menyatakan hadirnya pembangunan PIK 2 berdampak kepada penurunan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Tangerang secara keseluruhan, yang sebelumnya, 7,88 persen sekarang menjadi 6,94 persen.

“Terbukti, sampai april 2024 pembuatan kartu pencari pekerja kisaran nya mencapai 8 ribuan,” paparnya.

Pada 2022 lalu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat tercipta setelah pembangunan kawasan PIK 2 yakni sekitar 200 ribuan.

Mulai dari tenaga konstruksi, tenaga landscape, kemudian tenaga jasa servis yang lain-lain. Di mana dari 200 ribu ini, kata Zaki menciptakan efek domino kepada lingkungan di Kecamatan Teluknaga, Kosambi, dan Paku Haji yang merupakan kecamatan dengan tingkat pengangguran tinggi.

“Pembangunan PIK 2 ini dapat menjadi pembangkit ekonomi bagi masyarakat sekitar,” harapnya. (Deri/Yan)

Tema banten
Tema bantenhttps://www.temabanten.com
Mengupas isu-isu dan tema Banten terkini
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Berita Popular